7 Simbol Segitiga Yang Ada Di Kemasan Minuman Plastik Anda

Simbol-Daur-Ulang-Kemasan-Plastik-Jakarta

GeraiKongkow.Com – Buat kamu para pecinta minuman atau juga para pengusaha minuman atau makanan mungkin informasi ini kamu belum mengetahuinya, agar kamu lebih mengerti tentang kemasan plastik dan lebih aman dalam cara penggunaannya, alangkah baiknya memperhatikan kode-kode yang ada di kemasan tersebut.

Kamu bisa mengecek simbol yang berada di bawah botol atau minuman plastik kamu, yang merupakan kode yang dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industri pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan telah diikuti oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).

Tanda pengenal di Kemasan Plastik secara umum memiliki ciri-ciri :
1. Terletak di bagian bawah
2. Berbentuk segitiga
3. Di dalam segitiga tersebut terdapat angka
4. Serta nama jenis plastik di bawah segitiga

Berikut ini arti simbol segitiga yang berada di bawah kemasan minuman plastik anda.

1. PETE/PET

Tanda ini yang biasanya terdapat angka 1 ditengahnya serta tulisan PETE atua PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga, yang merupakan logo daur ulang, yang biasanya di pakai untuk botol plastik, berwarna jernih, transparan, tembus pandang, seperti botol air mineral, botol jus dan juga semua botol minuman lainnya.

Botol dengan logo ini disarankan hanya sekali untuk kamu pakai, bila terlalu sering kamu gunakan apalagi untuk digunakan menyimpan air hangat atua panas, yang dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat kanker dalam jangka panjang.

2. HDPE

Tanda ini memiliki logo yang tertera dengan nomor 2 ditengahnya serta tulisan HDPE (high density polyethylene) dibawah segitiga , biasa digunakan untuk botol susu yang berwarna putih susu, Tupperware, galon air minum, kursi lipat dan lain-lain.

Botol dengan logo ini memiliki sifat bahan yang sangat kuat, keras, dan juga buram dan lebih tahan terhadap suhu yang dingin. yang merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena mampu untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya.

3. V/VPC

Biasanya logo daur ulang ini bertulis dengan angka 3 ditengahnya serta terdapat tulisan V.

V itu memiliki arti PVC (polyvinyl chloride), yang merupakan jenis plastik paling sulit untuk didaur ulang, jenis ini paling sering ditemukan dalam penggunaan plastik pembungkus (Cling Wrap) dan botol-botol.

Plastik jenis ini bisa dibilang berbahaya untuk ginjal, hati, dan berat badan, PVC karena mengandung (diethylhydroxylamine) yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas menggunakaan plastik berbahan PVC ini ketika bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman dikarenakan DEHA ini lumer pada suhu -15°C.

4. LDPE

Logo ini dilambangkan dengan angka 4 ditengahnya serta tulisan LDPE (low density polyethylene), yaitu plastik tipe cokelat ini yang dibuat menggunakan minyak bumi, atau thermoplsatic, biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan dan botol-botol lembek.

Sifa dari kemasan jenis LDPE ini kuat dan tembus pandang, fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi dari uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-brang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat.

5. PP

Kemasan minuman plastik dengan logo PP yang ditengahnya angka 5, memiliki karakteristik adalah botol transparan yang tidak jernih atau berawan, Polipropilen memiliki karakteristik lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, untuk daya tahan sangat baik terhadap lemak, stabil juga dengan suhu tinggi dan mengkilap.

Jenis PP (Polypropylene) merupakan pilihan bahan plastik terbaik terutama untuk tempat makanan atau minuman bisa juga untuk menyimpannya.

6. PS

Kemasan yang memiliki logo PS dengan angka 6 ditengahnya biasanya dipakai sebagai bahan tempat makanan seperti styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Polystyrene merupakan bahan polimer aromatik yang bisa mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan.

Styrene juga bisa ditemukan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung, bahan ini harus dihindarkan, karena selain sangat berbahaya untuk kesehatan otak. dapat mengakibatkan gangguan pada otak, menggangu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi dan pertumbuhan dan sistem syaraf, dan sangat sulit untuk di daur ulang.

7. OTHER

Kemasan dengan logo daur ulang angka 7 serta tulisan OTHER memiliki 4 macam, yaitu :

1. SAN – styrene acrylonitrile
2. ABS – acrylonitrile butadiene styrene
3. PC – polycarbonate
4. Nylon

Kamu bisa menemukan kemasan minuman ini seperti di botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan.

SAN dan ABS memiliki resistensi yang sangat tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan.

PC (Polycarbonate) bisa kamu temukan pada botol susu bayi, gelas anak balita (Sippy Cup), botol minum polikarbonat dan kaleng kemasan makanan dan minuman termasuk kedalam kaleng susu formula.

Bagaimana sudah paham dengan simbol segitiga yang berada dalam kemasan minuman plastik ? jika kamu sudah menentukan yang mana yang harus digunakan untuk produk kamu, kamu bisa printing gelas plastik, atau sablon gelas plastik untuk memberikan tampilan yang keren dan unik, yang dapat membuat brand atau merek kamu mudah di kenal.

GeraiKongkow.Com memiliki jasa printing cup plastik atau sablon gelas plastik murah serta dengan hasil sablon yang sudah terjamin kualitasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *